agen judi bola, judi online, judi bola terpercaya, taruhan bola online, agen sbobet, casino sbobet terpercaya Bahaya Stres pada Kulit | Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan

Bahaya Stres pada Kulit

0


Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. 

Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?
Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana cara mencegahnya?
  1. Olahraga
    Latihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang menyenangkan). Biasakan untuk berolahraga tingkat sedang selama 30 menit selama enam hari per minggu. Lari di sekitar rumah bisa jadi cara mudah menuju kesehatan. Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, bahagia, dan baik untuk kesehatan kulit.
    Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

  2. Berikan waktu bersenang-senang untuk diri sendiri
    Lakukanlah aktivitas yang membuat Anda rileks dan nyaman.
  3. Istirahat cukup
    Tidurlah sedikitnya 8 jam setiap hari. Sama seperti kurang tidur, tidur berlebihan pun memiliki dampak buruk kepada kesehatan.
  4. Bersosialisasilah
    Berbicara pada seseorang. Carilah teman atau terapis profesional untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.
  5. Jangan mengabaikan kulit Anda.
    Tetaplah memberikan perawatan untuk kulit sekalipun Anda sedang lelah atau stres. Anda dapat meluangkan waktu Anda sesaat sebelum tidur dengan cara melakukan pijatan lembut kepada kulit dengan krim untuk kulit. Sangat disarankan Anda untuk menggunakan krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, panthenol dan glycerol. Dimana penggunaan trio kombinasi dari kandungan tersebut secara rutin, akan menjadikan kulit Anda terjaga kelembapannya dan menjadi relaks.

0 komentar:

Post a Comment

mohon berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar